Membahas Habis Seputar Pembalut Kain

Apa sih pembalut kain itu?
Pembalut kain adalah pembalut yang bahan dasarnya adalah kain.

Akhir-akhir ini pembalut kain mulai menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat. Sebenarnya, puluhan tahun yang lalu saat pembalut yang sering kita pakai setiap bulannya itu belum ada, wanita-wanita yang sedang datang bulan menggunakan berlapis-lapis kain yang dipakai di sekitar kewanitaan untuk menyerap darah yang keluar saat menstruasi agar tidak menetes. 

Melihat keadaan bumi kita sekarang ini, banyak orang yang merasa prihatin melihat banyaknya sampah pembalut yang di buang sembarangan di pinggir sungai. Kemudian muncullah ide untuk kembali menggunakan pembalut kain seperti dulu lagi. Tapi, bukan berarti kita harus kembali menggunakan berlapis-lapis kain yang tentunya sangat tidak nyaman untuk dipakai. Kini pembalut kain sudah beragam bentuknya. Bentuk-bentuk dari pembalut kain sekarang ini tidak jauh berbeda dengan pembalut sekali pakai, motifnya juga beragam sehingga terlihat menarik untuk dipakai.

Memakai pembalut kain merupakan salah satu bentuk kecintaan kita kepada bumi pertiwi. Pembalut kain yang bisa dipkai berkali-kali membuatnya berkesan ramah lingkungan karena penggunanya sudah mengurangi produksi sampah untuk bumi tercinta. Pembalut kain juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga tidak membahayakan penggunanya.

Setiap hal pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu pula dengan pembalut kain, di balik keuntungan-keuntungannya pembalut kain juga memiliki beberapa kekurangan. Penggunaanya yang bisa dipakai berkali-kali secara tidak langsung mengharuskan kita untuk mencucinya setiap hari dan jika tidak dicuci sampai bersih, pembalut kain justru akan memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Namun, jika dicuci dan dikeringkan dengan benar tentunya pembalut kain tidak akan memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Sama seperti pembalut sekali pakai, pembalut kain juga harus diganti secara teratur agar tidak mengundang bakteri dan kuman yang dapat membahayakan kesehatan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fill Out A Form

Me and Learning from Home